MAKALAH SISTEM AC PADA MOBIL
(Air Conditioner)
(Air Conditioner)
ANGGOTA KELOMPOK :
YAYASAN PENDIDIKAN KARYA WIYATA
SMK TEKNOLOGI DAN INDUSTRI
KARYA WIYATA PUNGGUR
LAMPUNG TENGAH
Jl .Raya Totokaton Kec .Punggur Kab .Lampung Tengah
Telp : 0828-0990078
AIR CONDITIONER ATAU AC MOBIL
AC adalah alat pada kendaraan
khususnya mobil yang mempunyai fungsi untuk mengatur suhu di dalam kendaraan
sesuai dengan keinginan pengendara agar pengendara merasa nyaman saat
berkendara atau saat macet. Untuk itu AC membutuhkan perawatan secara berkala
agar tetap berfungsi secara baik, sehingga tidak mengganggu kenyamanan
pengendara.
Komponen Utama AC Mobil :
- Kompresor
- Kondensor
- Evaporator
- Receiver Dryer
- Freon ( cairan yang bersirkulasi di dalam Sistem ac )
Sebenarnya prinsip kerja AC mobil
hanya sirkulasi saja, mulai freon bekerja dari Compressor dalam keadaan gas
tekanan tinggi, setelah itu didinginkan oleh Condensor yang letaknya di depan
radiator, lalu disaring oleh Filter sebelum masuk ke Expansi Valve. Zat
pendingin yang telah diturunkan tekanannya oleh katup Expansi, berubah bentuk
menjadi uap dan sampai ke Evaporator dalam keadaan suhu bertekanan rendah,
setelah dari Evaporator lalu freon ditarik lagi oleh Compressor dan seterusnya,
seperti itulah sistem kerja AC mobil.
cara kerja AC sirkulasi ac
TEKNOLOGI otomotif memang tidak
pernah berhenti berevolusi. Inovasi baru selalu bermunculan untuk menggantikan
sistem yang lama. Seiring dengan maraknya penggunaan teknologi elektronik pada
kendaraan bermotor beroda empat, sistem air conditioner (AC) atau penyejuk
udara pun semakin canggih.
Dengan tambahan peranti komputer,
kini suhu udara di kabin dapat diatur sesuai keinginan. Pabrikan mobil
menyebutnya teknologi 4 zone climatronic air conditioning. Teknologi tersebut
bisa dibilang yang tercanggih saat ini. Berbagai macam sensor dipasang di
sekeliling kendaraan untuk memastikan suhu di dalam kabin selalu sejuk.
Canggihnya, pengemudi dan
penumpang pun dapat memilih suhu udara di kursinya masing-masing sesuai dengan
keinginan. Di kursi depan, misalnya, pengemudi bisa memakai suhu 25 derajat
Celsius, sedangkan penumpang sebelahnya dapat memilih suhu 22 derajat Celsius.
Meskipun sistem AC semakin
"pintar", namun teknologi dasar yang diaplikasikan pada setiap
kendaraan roda empat tetaplah sama. Air conditioner merupakan peralatan yang
didesain memiliki empat fungsi, yaitu mengontrol temperatur, mengontrol
sirkulasi udara, kelembaban, dan memurnikan udara. Itu sebabnya berbeda dengan
pengertian yang beredar di masyarakat, AC bukan hanya terdiri dari sistem
pendinginan tetapi juga melingkupi teknologi pemanas ruangan.
Satu sistem lengkap AC terdiri
dari cooler (pendingin), heater (pemanas), moisture controler dan ventilator.
"Karena Indonesia hanya memiliki dua musim, kemarau dan hujan, maka
pabrikan mobil umumnya hanya memasang sistem pendingin saja," kata Achmad
Supendi, Training Center Auto 2000 Jawa Barat.
Apa itu cooler? Alat ini
berfungsi untuk mendinginkan dan menghilangkan kelembaban udara di dalam
kendaraan.
Prinsip kerja AC cooler
memanfaatkan teori dasar pendinginan, yaitu penyerapan panas dan penguapan.
Salah satu contoh dari teori ini adalah pemakaian alkohol pada tubuh. Alkohol
yang dioleskan pada tubuh akan terasa dingin karena alkohol menyerap panas dan
menguap. Namun masalahnya cairan yang dipakai untuk proses perubahan tersebut
bisa habis. Karena itu, pada teknologi AC ditambahkan mekanisme kerja yang
mampu mengubah gas menjadi cairan. Selanjutnya cairan tersebut kembali menguap
dan berubah menjadi gas.
Komponen AC
cara kerja ac
Sistem kerja AC merupakan satu
siklus yang terus berproses tanpa henti selama dihidupkan. Komponen utamanya
terdiri dari kompresor, condenser, receiver atau dryer, expansion valve dan
evaporator. Kompresor adalah pompa untuk menaikkan tekanan refrigerant atau
gas freon. Mekanisme kerja kompresor adalah satu sisi piston melakukan kompresi
dan sisi lainnya melakukan langkah hisap.
Piranti condenser digunakan untuk
mendinginkan dan menyerap panas dari gas refrigerant yang telah ditekan
kompresor hingga bertekanan tinggi. Dalam alat ini gas refrigerant diubah
kembali menjadi cairan. Condenser disimpan di bagian depan kendaraan agar dapat
didinginkan oleh aliran udara dari kipas dan aliran udara selama mobil
berjalan.
Fungsi receiver atau dryer adalah
untuk menampung sementara refrigerant yang telah menjadi cairan. Di sini
refrigerant dibersihkan dari kotoran dan uap air yang merugikan bagi siklus
kerja AC. Alat ini berbentuk seperti tabung yang di dalamnya terdapat filter,
desiccant, receiver, dan dryer. Bila refrigerant mengandung kotoran, maka bisa
menimbulkan karat pada komponen AC.
Unit pendinginan pada AC terdiri
dari evaporator, blower motor, kipas, expansion valve, dan bak penguras.
Expansion valve adalah katup yang menghubungkan dryer dengan evaporator. Fungsi
evaporator sendiri kebalikkan dari condenser. Di dalam alat ini cairan
refrigerant diubah menjadi kabut sebagai dasar untuk proses pendinginan yang
akan dialirkan ke kabin.
Siklus kerja sistem pendingin AC
terdiri dari lima langkah, pertama, kompresor melepaskan gas refrigerant yang
bertemperatur dan bertekanan tinggi karena menyerap panas dari evaporator.
Selanjutnya, gas refrigerant ini mengalir ke dalam condenser. Di dalam alat ini
gas refrigerant mengembun dan berubah bentuk menjadi cairan.
Tahapan berikutnya adalah cairan
refrigerant bergerak menuju tabung receiver untuk disimpan dan disaring dari
segala kotoran. Cairan refrigerant ini akan tetap berada di dalam tabung
receiver selama evaporator belum memerlukannya. Cairan akan bergerak jika
evaporator membutuhkan.
Langkah berikutnya adalah cairan
ini mengalir ke evaporator untuk diubah menjadi udara yang dingin. Setelah itu,
udara bertekanan dan bertemperatur rendah ini masuk kembali ke kompresor.
Proses ini pun terjadi secara berulang-ulang.
Di samping penambahan sensor
yang membuat teknologi AC semakin canggih. Sistem kerja AC masa kini tidak
terlalu membebani mesin. Kalau mobil zaman dahulu, ketika memakai AC terasa
berat saat melakukan akselerasi, maka kini ada sistem otomatis yang bisa
mematikan untuk sementara kerja kompresor. Begitu pedal gas diinjak dan mobil
berakselerasi, aliran AC secara otomatis untuk sementara terputus. Maksudnya
memberi "kesempatan" kepada mesin mobil untuk menyalurkan tenaga
maksimal guna melaju cepat. AC akan bekerja kembali bila kecepatan kendaraan
beralih normal.
Tata letak komponen AC Mobil
Cara Mudah Merawat AC Mobil Anda
Berbicara masalah AC Mobil
sebenarnya tidaklah jauh berbeda dengan AC lainnya, pada dasarnya berkendaraan
Mobil akan terasa nyaman, jika penyejuk udara (AC) bekerja dengan sempurna.
Sekarang ini, AC sudah menjadi suatu kebutuhan apalagi dikota besar. Jika AC
tidak dingin, keadaan pun menjadi tidak nyaman, dan jalan keluarnya adalah
membuka kaca jendeia mobil. Namun jika kaca jendela tersebut dibuka, maka debu
dan asap kendaraan akan masuk, dan sebaliknya jika ditutup ruangan akan terasa
panas dan pengap. Gangguan pada AC biasanya dikarenakan kurangnya perawatan.
Tips berikut ini dapat membantu Anda melakukan perawatan AC sendiri sebelum
kondisi AC menjadi rusak berat:
1. Jagalah selalu kebersihan
kabin dari debu dan kotoran. Terutama karpet 2 lembar yang didepan karena akan
tersedot kedalam evaporator (lembab) sehingga terjadi jamur dan spora sangat
tidak baik buat kesehatan, dan menimbulkan bau yg tidak enak bila pertama kali
AC dihidupkan.
2. Saat mencuci mobil, buka kap
mesinnya dan semprotkan air yang kencang pada bagian Condensor AC (yang
bentuknya mirip radiator dan biasanya terletak di depan radiator) kotoran atau
debu yang menempel bila dibiarkan akan mengeras bisa mengakibatkan korosi atau
keropos sehingga menjadi bocor pada bagian kondensor AC, atur tekanan air
sebelum di semprotkan pada unit condensor AC (kurangi tekanan airnya)
3. Memilih tempat parkir yang
teduh jika parkir kendaraan dalam waktu yang cukup lama, Karena kalau di tempat
panas biasanya pas pengemudi masuk, ruang dalam cukup panas dan mengakibatkan
membutuhkan proses pendinginan yang lama. Selain itu beban pendinginan saat
mobil berjalan pun ikut tinggi.
4. Periksalah ExtraFan (kipas)
yang didepan Condensor apakah berputar bila AC dinyalakankan. Bila tidak segera
ganti, akan mengakibatkan Compressor AC rusak atau selang highpress bisa
meledak.
5. Jangan merokok di dalam mobil
karena asapnya bisa mengotori Evaporator AC/Cooling Coil Unit karena nikotin
yang lengket dan akan berlendir serta menimbulkan bau tak sedap dan susah untuk
dihilangkan.
6. Jangan memaksimalkan beban AC
saat kendaraan melaju kencang dengan menurunkan temperaturnya.
7. Sebelum menyalakan mesin
matikan AC terlebih dahulu, sesudah mesin stabil baru AC dinyalakankan. Begitu
pun sebaliknya, matikan AC terlebih dahulu sebelum anda mematikan mesin mobil
anda.
8. Jangan memakai pengharum
wewangian yang mutunya kurang jelas, akan menimbulkan bau dan sulit untuk
dibersihkan. Dan jangan memakai pengharum model colok/gantung ke GRILL sebab
sering mengakibatkan GRILL/angin-anginan patah (karena sebagian GRILL sulit
diperoleh di pasaran).
Sip gan
ReplyDeleteBet365.BET Review and Bonus Code | Thakasino
ReplyDeleteBets 바카라사이트 for new customers are only bet365 available for use on registration, as well 1XBET as in-game betting, tournaments, and live sporting events. Rating: 4 · Review by Thakasino
Best Casino & Casino | A guide to the casino with slots and
ReplyDeleteWith slots being 사이트우회 a big 파랑새 토토 part of the game, how can we explain the different bwin types of games that you can play? We discuss the 먹튀검증 사이트 샤오미 best casinos for 벳365 slots,